Rabu, 15 Februari 2012

Komunikasi (1)


Media Komunikasi dan Komunikasi Massa

Menurut Ruben (1992) "media merupakan alat-alat teknologi yang meningkatkan kemampuan alamiah manusia untuk menciptakan, mentransmisikan, menerima dan memproses pesan-pesan komunikasi baik secara visual, terdengar, tercium, tersentuh atau terasa"

Dewasa ini, manusia hampir tidak dapat lepas dai media komunikasi. Dukungan infrastruktur di setiap daerah memfasilitasi komunikasi melaui alat-alat elektronik. Media komunikasi merupakan jantungnya komunikasi massa. Tidak ada yang dapat menghubungkan atau menjalankan komunikasi massa tanpa bantuan media komunikasi.

EVOLUSI
Dua puluh ribu tahun sebelum masehi, komunikasi manusia pertama berupa mengukir simbol-simbol pada dinding gua menggunakan batang kayu, dan batu, membunyikan genderang, menyalakan api, membuat asap untuk memberikan isyarat pada orang lain. 
Sekitar 1000 tahun sebelum masehi muncul hieroglifik dan gambar pictografis menjadi awal terbentuknya sistem penulisan. Hasil karya tertua yang dicetak adalah sutra oleh kora sekitar 750 AD. 
Persia dan Romawi telah memiliki sistem pos yang dikirim oleh kurir. 
Pada tahun 1500 hadir mesin pencetak dengan mesin tik. Kemudian berkembang telegraf nirkabel oleh Markoni pada tahun 1895 yaitu radio dengan kabel. Tahun 1950-an muncullah televisi lalu alat-alat elektronik lainnya seperti transistor mini, bioskop, mesin fotocopy, hingga lahir masa hibrida pada tahun 1990-an.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar