Selasa, 08 Mei 2012

Public Works Day, Peluang Investasi Konstruksi Di Indonesia

Indonesia dinilai menjadi peluag investasi para investor dalam melakukan investasi di bidang konstruksi. Beberapa pekerjaan besar yang akan dapat menarik minat investor untuk berinvestasi di Indonesia antara lain Jembatan Selat Sunda, MRT, dan Bangunan atau Gedung Hijau (Green Building). Hal tersebut juga sebagai upaya dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Public Works Day ditujukan untuk menarik perhatian dan menekankan kesempatan pada pasar material konstruksi dan peralatan untuk mendukung Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).


Peluncuran Sistem Informasi Sumber Daya Investasi (SISDI)

Dalam Public Works Day juga diluncurkan laman Sistem Informasi Sumber Daya Investasi (SISDI). Pusat Pembinaan Sumber Daya Investasi, Badan Pembinaan Konstruksi, Kementerian Pekerjaan Umum (PU) meluncurkan sebuah laman resmi yang bertujuan menyediakan layanan berbasis informasi kepada masyarakat, investor, dan para pemangku kebijakan di sektor investasi infrastruktur.

Laman SISDI berisi info investasi infrastruktur yang informatif, komunikatif, dan terpercaya karena informasi yang disajikan berasal langsung dari seluruh Indonesia dan para pemangku kebijakan terkait. SISDI menyediakan informasi mengenai pasar konstruksi, material, dan peralatan konstruksi.

Hal lain yang disampaikan dalam laman SISDI adalah informasi tentang proyek-proyek yang akan tender, yang sedang berlangsung, dan proyek yang masih potensial. Di SISDI juga terdapat forum komunikasi investasi, sebagai wahana komunikasi tanya jawab dan diskusi soal investasi di sektor konstruksi.

SISDI hadir dengan harapan masyarakat dan para pihak yang berinvestasi di bidang konstruksi dapat memperoleh akses terhadap informasi yang komprehensif dan real-time seputar peluang berbisnis di sektor ini. Setiap pengunjung laman SISDI bisa melihat detil data pasar konstruksi nasional dan internasional, sumber-sumber pendanaan, dan berbagai rencana proyek yang akan ditenderkan.

Website yang beralamat di http://pusbinsdi.net tersebut diharapkan dapat menjadi media komunikasi bagi pelaku konstruksi untuk mendapatkan berbagai informasi terkait investasi dan potensi pasar infrastruktur baik nasional maupun internasional.

SISDI ini memuat pasar konstruksi domestik baik yang dibiayai APBN, APBD, BUMN, dan swasat maupun pasar konstruksi mancanegara.

Sumber informasi yang dikelola oleh Pusat Pembinaan Sumber Daya Investasi Badan Pembinaan Konstruksi Kementerian PU dapat membantu penyedia jasa konstruksi dan investor untuk memetakan sebaran potensi pasar konstruksi serta berbagai kebutuhan material serta alat-alat konstruksi.

Sistem informasi ini mencakup pula sumber daya material dan peralatan konstruksi di Indonesia bagaimana intensitas dan potensi kuantitas serta peta lokasi ketersediaan alat berat. Dari infromasi serta data yang terdapat di website, para pelaku konstruksi dapat mengetahui prospek dan kebutuhan material baik yang sedang dilakukan maupun yang diprogramkan.(ind)

SUMBER: Pusat Komunikasi Publik PU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar