Selasa, 31 Januari 2012

Motivasi

Pengertian Motivasi
Motivasi merupakan kondisi atau energi yang menggerakkan diri karyawan yang terarah atau tertuju untuk mencapai tujuan organisasi perusahaan.

Sikap mental karyawan yang positif terhadap situasi kerja akan memperkuat motivasi kerja untuk mencapai kinerja yang maksimal.

Prinsip-prinsip dalam Motivasi
  1. Prinsip partisipasi: dalam upaya memotivasi kerja, pegawai perlu diberikan kesempatan ikut berpartisipasi dalam menentukan tujuan yang akan dicapai oleh pemimpin.
  2. Prinsip komunikasi: pemimpin mengkomunikasikan segala sesuatu yang berhubungan dengan usaha pencapaian tugas, dengan informasi yang jelas, pegawai akan lebih mudah dimotivasi kinerjanya.
  3. Prinsip mengakui andil bawahan: pemimpin mengakui bahwa bawahan mempunyai andil dalan usaha pencapaian tujuan. Dengan pengakuan tersebut, bawahan  akan lebih mudah dimotivasi kinerjanya.
  4. Prinsip pendelegasian wewenang: pemimpin yang memberikan otoritas atau wewenang kepada pegawai untuk sewaktu-waktu dapat mengambil keputusan terhadap pekerjaan yang dilakukannya, akan membuat pegawai yang bersangkutan menjadi termotivasi untuk mencapai tujuan yang diharapkan pemimpin.
  5. Prinsip memberikan perhatian: pemimpin memberikan perhatian terhadap apa yang diinginkan pegawai, akan memotifasi pegawai untuk mencapai apa yang diharapkan pemimpin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar